SELAMAT DATANG DI BLOG EKA FITRI LESTARI Eka Fitri Lestari: Kriteria Instrument Penelitian yang Baik

Sabtu, 10 September 2011

Kriteria Instrument Penelitian yang Baik

Validitas
Validitas menunjukan sejauh mana suatu alat pengukur itu mampu mengukur apa yang ingin diukur. Sebagai contoh, bila seseorang ingin mengukur beart suatu benda, maka dia harus menggunakan timbangan. Alat ini merupakan alat pengukur yang valid jika digunakan untuk mengukur berat karena timbangan memang untuk mengukur berat.
Reliabilitas
Reliabilitas adalah alat yang digunakan untuk menunjukan sejauh mana suatu hasil pengukuran relatife konsisten apabila pengukuran dilakukan dua kali atau lebih. Misalkan, seseorang mengukur jarak dua buah bangunan menggunkan dua jenis alat ukur yang berbeda, pertama menggunakan meteran yang terbuat dari logam, sedangkan yang selanjutnya menggunakan jumlah langkah kaki. Setiap alat pengukur digunakan dua kali untuk mengukur jarak yang sama. Besar sekali kemungkinan hasil pengukuran yang diperoleh dengan kedua alat pengukur tersebut akan berbeda. Pengukuran yang dilakukan dengan meteran yang terbuat dari logam secara relative akan menunjukan hasil yang sama antara pengukuran pertama dan pengukuran kedua. Sedangkan pengukuran yang dilakukan dilakukan dengan langkah kaki, besar sekali kemungkinannya akan tidak sama karena besar langkah antara pengukuran pertama dengan kedua mungkin berlainan. Dari contoh diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa meteran adalah alat pengukur yang reliable, sedagkan langkah kaki adlah alat pengukur yang kurang reliable.
Sensitivitas
Sensitivitas dalam penelitian dijelaskan sebagai kemampuan suatu instruksi untuk melakukan diskriminasi yang diperlukan untuk masalh penelitian. Bila, reliabiitas dan validitas suatu tes tinggi tampanknya tersebut juga sensitif, mempertajam perbedaan dalam derajat variasi-variasi karakteristik yang diukur.
Objektivitas
Obkjektivitas dalam penelitian dapat dijelaskan sebagai derajat pengukuran yang dilakukan bebas dari pendapat dan penilaian subjektif, serta bebas dari bias dan perasaan orang-orang yang menggunakan tes.
Fisibilitas
Fisibilitas berkenaan dengan aspek aspek keterampilan, penggunaan sumberdaya dan waktu. Ada beberapa tes tertentu yang hanya menuntut ketempilan minimumdalam menyusun dan menganalisis hasil tes, tetapi ada juga yang menuntut keterampilan yang lebih tinggi. Termasuk juga mengenai biaya dan waktu, yang dapat menjadi kendala dalam penelitian, sehingga perlu pertimbangan-pertimbangan agar penelitian disesuaikan dengan kemampuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar